Pages

Ads 468x60px

Labels

Kamis, 30 Agustus 2012

Cara Memilih Asuransi Jiwa yang Tepat


Dalam kebutuhan keuangan keluarga, Asuransi berperan sebagai dasar yang melindungi keuangan keluarga pada saat terjadi hal-hal yang tidak terduga namun bisa terjadi. Semakin tinggi gaya hidup dan tingkat ekonomi yang telah dicapai, semakin penting dan signifikan manfaat asuransi dirasakan di kala musibah terjadi.
 
Bagi Anda yang belum tercover oleh asuransi jiwa, tentunya sangat bingung bagaimana sich cara memilih asuransi jiwa yang tepat Apakah bisa mengcover semuanya? Pembayarannya bagaimana? dll.
Pada dasarnya asuransi jiwa ini memiliki banyak keuntungan, namun tentunya Anda harus jeli dalam memilihnya. Oleh karena itu ada beberapa cara memilih asuransi jiwa yang tepat untuk dapat dimanfaatkan oleh Anda :


1. Pertimbangkan usia Anda
Setidaknya ada beberapa tingakat usia atau masa dalam pertimbangan asuransi.
  • Kelahiran Anak : Kehadiran buah hati Anda adalah kebahagiaan yang tak ternilai. Saat ini ada asuransi yang sudah bisa mengcover anak yang baru lahir bahkan bayi didalam kandunganpun sudah bisa diasuransikan
  • Pendidikan Anak : Memilih asuransi pendidikan untuk buah hati agar mewujudkan impian hari depan mereka adalah sesuatu kebutuan yang penting seiring denga meningkatnya biaya pendidikan dari tahun ke tahun. Semakin dini putra / putri Anda diasuransikan akan semakin besar nilai investasi / tabungan yang nanti didapat.
  • Masa kerja produktif :  Akan ada banyak manfaat yang akan Anda rasakan dengan membeli produk asuransi sebelum anda pensiun, Pada masa ini sudah seyogyanya Anda memikirkan dan memiliki asuransi jiwa, selain untuk perlindungan kesehatan juga untuk persiapan pensiun.Selain biaya asuransi masih murah juga manfaat lain bisa lebih maksimal.
  • Masa Pensiun : Sebenarnya masa pensiun adalah masa-masa dimana Anda tinggal menikmati hasil kerja Anda, selain tersedianya perlindungan kesehatan dihari tua Anda juga sudah memiliki tabungan / investasi yang cukup untuk masa pensiun Anda. Seandainya Anda baru ikut asuransi pada masa pensiun maka biaya asuransinya akan menjadi sangat tinggi.

2. Pahami jenis produk asuransinya.
Perusahaan asuransi saat ini banyak yang menawarkan asuransi tambahan (riders), disamping manfaat asuransi dasar yaitu meninggal dunia atau cacat total tetap beberapa asuransi tambahan yang dapat diambil antara lain, Perlindungan terhadap penyakit kritis, Kecelakaan, Rawat inap, Pembebasan premi, dll. Setidaknya Anda dapat mempelajari dan membandingkan antara satu produk perusahaan asuransi dengan perusahaan asuransi lainnya dan sesuaikan produk mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

3. Sesuaikan dengan kemampuan Anda
Ada baiknya Anda menentukan berapa premi yang mampu Anda bayar. Selain itu, buat anggaran bulanan Anda untuk membayar asuransi jiwa Anda. Maka dari itu, satu hal yang harus Anda aplikasikan adalah mengatur sistem pengeluaran Anda, supaya Anda tetap bisa memenuhi kebutuhan pokok Anda yang lain dan dana asuransi jiwa anda juga tidak terhendi ditengah jalan (laps).
Didalam teori perencanaan keuangan, mengalokasikan pendapatan / income antara 10% - 20% untuk asuransi sudah termasuk anggaran yang cukup ideal.

 
4. Bagaimana prosedur klaim-nya
Setelah Anda mengerti produk apa saja yang akan Anda miliki. Maka dari sini langkah yang harus ketahui adalah  bagaimana prosedur klaim yang mereka gunakan. Dari persyaratannya, sampai berapa lama klaim Anda akan dibayar nantinya. Apakah perusahaan asuransi tersebut sudah ada kerjasama dengan Pihak Rumah Sakit, sehingga nasabah lebih mudah untuk mengajukan claim, tidak perlu nasabah bayar dulu baru nanti diganti biaya pengobatannya (rembusment)

5. Kumpulkan referensi teman atau saudara Anda
Anda bisa mengumpulkan data dan informasi dari teman terdekat atau saudara Anda yang telah memiliki asuransi jiwa, sebagai bahan referensi mengenai keunggulan produk dan sistem pelayanannya. 

6.Kunjungilah Website Resmi dari Perusahaan Asuransi tersebut
Dari tahap awal tadi sekarang saatnya anda mengecek satu per satu nama-nama daftar perusahaan asuransi jiwa di websitenya yang resmi. Karena di jaman sekarang ini hamper semua perusahaan telah memiliki website yang resmi. Jadi dari sini Anda dapat melihat beberapa hal seperti profile perusahaan, sejarah dan kapan berdirinya, letak kantor utama dan kantor cabangnya, asset yang dimiliki perusahaan dan informasi-informasi lain yang dimiliki oleh perusahaan tersebut.
Untuk lebih menguntungkan Anda, cobalah memilih perusahaan asuransi jiwa yang berdiri lebih dari 10 tahun, dan memiliki asset perusahaan diatas 5 triliun. dan memiliki RBC (Risk Base Capital) diatas 120%, sebagai indikator perusahaan asuransi yang sehat sesuai ketentuan pemerintah. Kenapa demikian? Hal ini bertujuan agar di kemudian hari kemungkinan perusahaan asuransi jiwa tersebut jika tidak dapat membayar premi adalah kecil, karena assetnya sudah cukup kuat dan sudah lama peusahaan tersebut berkecimpung di dunia asuransi.

7. Segera menghubungi kantor cabang terdekat atau Agen berlisensi
Jika ternyata kantor asuransi yang Anda pilih tidak ada di kota tempat tinggal Anda Anda dapat meninggalkan pesan di website resmi perusahaan asuransi tersebut. Anda dapat mengisi form dan biasanya akan ditindaklanjuti oleh agen dari perusahaan asuransi tersebut melalui telepon ataupun website.
Jika Anda yang menghubungi Agen, maka carilah agen yang sudah berlisensi, dengan harapan Agen tersebut sudah memahami jenis-jenis produk asuransinya, dan agen tersebut akan memberikan simulasi dari perhitungan premi dengan jumlah uang pertanggungan asuransi jiwa yang Anda butuhkan. Bandingkanlah seberapa besar preminya. Jangan lupa untuk menanyakan bagaimana caranya Anda membayar premi tersebut, apakah dapat melalui kartu kredit atau dengan pembayaran melalui ATM. Namun ingatlah, jangan sekali-kali Anda membayar premi melalui agen,  hal ini bertujuan untuk mengurangi kecurangan dari agen tersebut.
Bagaimana? sudahkan Anda mengerti cara memilih asuransi jiwa yang tepat? Pada dasarnya pilihlah produk asuransi jiwa yang paling cocok buat Anda. Bisa karena preminya lebih murah dibanding yang lain, paling mudah pembayarannya, atau produknya memang paling sesuai dengan kebutuhan Anda dan yang lebih penting prosedur klaimnya tidak ribet. Semoga cara memilih Asuransi jiwa yang tepat  diatas dapat bermanfaat bagi Anda.

Informasi menarik lainnya dapat Anda baca di sini :

Selamat berasuransi,


Joko Purwanto

1 komentar:

  1. Tips yang sangat bermanfaat dan membantu, kita memang harus bisa memilih asuransi dengan menyesuaikan usia dan melihat kemampuan bayar kita. pojokinvestasi.com

    BalasHapus