Pages

Ads 468x60px

Labels

Kamis, 16 Agustus 2012

Pertimbangan dalam Berinvestasi.

Salah satu cara agar memiliki kemandirian finansial, tak lagi bergantung pada orang terdekat, adalah memulai investasi. Tanpa investasi, keinginan Anda untuk mencapai kebutuhan finansial yang tinggi di masa mendatang akan sulit dicapai. Investasi dalam sebuah portfolio yang dikelola dengan baik akan memberikan hasil yang berlipat ganda. Pasalnya, investasi berbeda dengan menabung biasa.

Sebagai gambaran, jika Anda mengalokasikan dana Rp 500.000 setiap bulan, hasilnya akan berbeda antara menabung dengan berinvestasi. "Jika kita mengalokasikan dana Rp 500.000 setiap bulan, dalam sepuluh tahun hasil investasi bisa mencapai Rp 350 juta, sedangkan menabung di bank tak mencapai Rp 200 juta, apalagi menabung di rumah, hasilnya lebih rendah,

Dengan berinvestasi, dana yang akan dialokasikan akan mendatangkan profit di masa depan, dan Anda bisa memilih jangka waktu investasi, baik jangka pendek atau jangka panjang, hal ini erat kaitannya denan tujuan Anda berinvestasi, contoh jika kita ingin membeili mobil tahun depan kita dapat memilih investasi jangka pendek, namun jika kita ingin mempersiapkan dana pensiun maka kita dapat melakukan investasi jangka panjang.

Inilah beberapa hal yang perlu Anda pikirkan dan pertimbangkan dengan matang sebelum anda melakukan investasi :

* Dari segi risiko, seberapa aman melakukan investasi?
* Seperti apa jenis keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari portfolio investasi tersebut?
* Dalam hal stabilitas, risiko apa yang akan dihadapi saat kondisi investasi tersebut stabil atau tidak stabil?
* Akses terhadap modal awal, dapatkah Anda menarik modal awal bila membutuhkannya? Apakah prosesnya rumit? Apakah Anda akan dikenakan biaya bila ingin mendapatkan modal awal dalam waktu cepat?
* Diversifikasi, apakah dengan menyebar investasi, Anda dapat menekan atau mengurangi risiko berinvestasi?
* Biaya tak terduga, seberapa besar biaya yang harus Anda keluarkan saat menjalankan investasi tersebut?

Nah.., sudahkan investasi yang Anda pilih sudah tepat menurut Anda.., jika belum..?  ini solusinya..


1 komentar:

  1. Berinvestasi itu sangat bermanfaat dan sebelum melakukan investasi memang sangat diperlukan pertimbangan dulu dalam memilih jenis investasi yang akan dilakukan. pojokinvestasi.com

    BalasHapus